Rabu, 30 Maret 2011

Install Windows XP Pada Notebook Toshiba Satellite L40

Install Windows XP Pada Notebook Toshiba Satellite L40


Morning jam, seperti biasa sebelum mandi saya nangkring dulu di depan kompie nengokin akun. Namun selang beberapa menit, datang satu pelanggan/konsumen pengen pasangin anti virus di Notebook (NB) TOSHIBA Satellite L40 nya.
Tanpa membuang waktu saya langsung bedah & instal anti virus. NB Toshiba Satellite L40 tersebut cuma disenjatai memory 512mb & share vga pula. Selesai instalasi Anti Virus, ni NB ko malah tambah lemot ya, saya coba restart pun loadingnya jadi 2x lebih lama dari pertama on, dan sialnya lagi anti virus yang sudah saya install jadi gak berkutik, alias disabled. Beberapa menit otak-atik tidak membuahkan hasil, ya sudahlah…. Akhirnya saya memutuskan untuk men-setup ulang windows, tp sebelumnya ane backup dulu semua data di drive c ke drive d.
Setelah setting bios dan booting dari cd windows di tengah-tengah proses instalasi windows, lho ko muncul pesan “setup cannot continue……..To quit setup, press F3

Selidik punya selidik ternyata pesan ini muncul karena pada notebook TOSHIBA SATELLITE L40 menggunakan harddisk SATA, yang mana bila kita ingin men-setup Windows XP sebagai OS nya kita mesti menginstal driver sata terlebih dahulu.
Setelah berkonsultasi pada mbah google ternyata ada salah satu cara yang mudah untuk menyelesaikan masalah ini, yaitu dengan metode menggabungkan file driver SATA dengan CD Installer Windows XP (Metode ini disebut juga Setup Disk Streamlining). Untuk menggabungkannya kita bisa menggunakan program nLite.
Ritual sebagai berikut :
1. Download Program nLite di sini 2. Download Driver Serial ATA untuk NB Toshiba Satellite L40 di sini, kemudian exstract
3. Jalankan program nLite (yg saya gunakan adalah versi 1.4.9.1), Welcome screen terlihat, kemudian klik next.
4. Locating the Windows installation, Masukan CD Windows XP installer ke dalam CD ROM,  atau jika Installer Windows sudah ada diharddisk, langsung saja pilih lokasi tempat penyimpanan file Windows XP Installation tersebut, klik browse, ok, next
5. Preset, delete semua preset (jika ada) klik next.
6. Task Selection, pada menu yang ada, pilih Driver dan Bootable ISO, kemudian klik next.
7. Drivers, klik insert, Single Driver, kemudian pilih salah satu file dari folder driver SATA yang berformat .INF, pilih iastor.inf. klik open….
8. Storage Device Textmode Driver, klik Textmode Driver dan sambil menekan tombol CTRL, klik semua driver yang ada didaftar tersebut. Klik ok, Kemudian klik next.
9. Apply Changes? klik yes. Sekarang nLite akan mengolah file-file tersebut menjadi file bootable berformat .ISO, setelah proses selesai klik next.
10. Bootable ISO, pada tab General, Mode section pilih format Create Image, ISO Engine & Boot Sector pilih Default kemudian klik Make ISO. Pilih tempat buat nyimpan file ISO nya sesuai keinginan, misal simpan di drive c kemudian klik Save.
11. Progres Status akan tampil dalam beberapa detik, Jika selesai klik Next & Finish.
12. Setelah selesai membuat file ISO, sekarang tinggal mem burn hasil file.ISO tersebut. Saya menggunakan Nero 7 Premium.
13. Buka program Nero Express, klik Image, Project, Copy dan pilih Disc Image or Saved Project kemudian pilih file ISO hasil nLite yang tadi kita buat, klik open masukan CD Blank tentukan Writing Speed nya kemudian klik Burn.
14. Setelah selesai burning kini CD/DVD tsb siap digunakan untuk Setup Windows…
Demikian Ritual- Ritual yang saya lakukan sebelum setup Windows XP pada NB Toshiba Satellite L40.
Semoga Bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar