Sabtu, 11 Agustus 2012

ASAL USUL MOTOR VESPA PIAGGIO

PEMILIK PT PIAGGIO
ASAL MULA

Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.



Lahir Kembali


Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.


Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.


Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.


Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya.


Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.


D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.

Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.

Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.

Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an.

Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.


Produk 150 GS -- kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat.
Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.

Sejarah Vespa di Indonesia


“Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo saat itu.


Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.

Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Sampai saat ini Indonesia mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.
JENIS JENIS VESPA TUA



Vespa 98 / 1946-1947

Tahun :1946 / 1947
VIN :V98
Nomor :01 / 18079
Produksi :18079 unit
Fork depan masih mengadopsi roda pesawat terbang dan berada di sebelah kiri ban depan (sekarang di sebelah kanan ban). Dengan kapasitas mesin 98 cc maksimal kecepatan hanya 75 km/jam, konsumsi bahan bakar 3 : 100 atau 3 liter buat 100 km, irit kan? Vespa 98 ini di produksi tahun 1946, sebagai cikal bakal model Vespa yang melegenda hingga sekarang. Pertama beredar, V98 sangat diminati oleh masyarakat karena harganya yang murah serta keamanan dan kenyamanannya. Di tahun berikutnya (1947) V98 di produksi dengan jumlah unit yang sama (18079 unit), dan hasilnya laris manis di pasaran. 
Vespa 125 – 1948
Tahun :1948 / 1950
VIN :V1T - V15T
Nomor : 01 / 104096
Produksi : 104096 unit
Vespa 125 ini dibuat berdasarkan pendahulunya V98, yang terlihat berbeda adalah kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 125 cc dan shock depan berada di sebelah kanan. Bentuk body, stang dan head lamp masih mirip dengan V98. Melihat antusiasme masyarakat yang besar pada Vespa, V125 diproduksi hingga 104096 unit selama periode 1948 hingga 1950.. 
Vespa 125 Hoffmann – 1950
Vespa Hoffmann diproduksi antara tahu 1950 - 1954 di Jerman. Ini semua diawali saat pada tahu 1949, Piaggio setuju memberikan lisensi kepada Hoffmann untuk memproduksi dan memperdagangkan. Vespa 125 Hoffmann tidak hanya di perdagangkan di Jerman saja, tapi juga di Inggris dan Perancis. D Inggris di kenal dengan nama Vespa Douglass karena perjualannya di bawah lisensi Douglass dan di Perancis di bawah lisensi PACMA.


Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi.

1. MP5(moto piagio 5) paperino
diproduksi tahun 1943
di produksi akhir perang dunia ke 2 dengan spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
- ban : 4.00-10

2. MP6 Prototipe
diproduksi tahun 1945
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 37.28 mph
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8

3. Vespa 98 dan vespa 98 II
diproduksi tahun 1946 dan seri kedua dikeluarin setahun setelah itu, di juluki "motoleggera utilitaria vespa"
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60 Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
tidak ade perbedaan significan disini dibedakan oleh design aja gan cek this
yang ini keluaran tahun '46 (vespa 98)

4. Vespa 98 cc Race dan vespa 98 cc racing (circuit)
diproduksi pada tahun 1947 mungkin disini perbedaan dari seri sebelum nya yaitu adanya penambahan pada kecepatan dari motor ini dan biasa disebut corsa
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi dan almunium head
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 80km/jam - 98 cc racing : 100km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
dari segi bentuk silahkan nilai mana yang lebih keren gan...
vespa 98 cc race


5.Vespa 125 , vespa 125corsa "telaio in lega" , vespa 125 corsa circuit
diproduksi tahun 1948 - 1949 ini lah tahun dimana vespa meluncur kan mesin 125cc dan pada tahun ini juga produksi vespa 98 di stop oleh piagio
vespa 125

vespa 125 corsa

vespa 125 corsa circuit

6.vespa monthlery
jenis ini di produksi tahun 1950 dengan model yang lebih sporty dan aerodinamis dengan kecepatan max 136 km/jam , dari segi bentuk emang agak aneh si gan dari sebelum nya

7. vespa 'siluro' dan vespa 125
pada tahun 1951 ini vespa mengeluarkan 2 produk yang berbeda segmen untuk vespa 'siluro' di keluarkan dengan design yang cukup unik sedangkan untuk vespa 125 yang di produksi lagi mirip dengan vespa keluaran tahun 1948 tetapi memiliki kelebihan lebih nyaman untuk dikendarai karena menggunakan suspensi hydraulic shock
vespa 'siluro'



Vespa 125 anni 1954-55

Image

Vespa "Hoffmann" 1954 prodotta su licenza in Germania

Image

Vespa 150 GS mod. 1955

Image
Vespa 150 mod. 1956

Image
Image

Vespa 125 mod. 1958

Image
Image
Vespa 125 VNA2T

Image

Vespa 150 modello 1959

Image
1. Info: Italy - Vespa - MP5 Paperino - 1945
Power: 98 cc - 35 mph
2. Info: Italy - Vespa - MP6 - 1945
Power: 98 cc - 35 mph

3. Info: Italy - Vespa - 98 - 1946
Power: 98 cc - 40 mph




4. Info: Italy - Vespa - 98-2 - 1946
Power: 98 cc - 40 mph



5. Info: Italy - Vespa - 98 Corsa - 1947
Power: 98 cc - 40 mph


6. Info: Italy - Vespa - 125 - 1948
Power: 125 cc - 44 mph


7. Info: Italy - Vespa - 125 Racing - 1948
Power: 125 cc - 50 mph


8. Info: Italy - Vespa - 125 Corsa - 1949
Power: 125 cc - 50 mph


9. Info: Italy - Vespa - Sport - 1949
Power: 125 cc - 50 mph


10. Info: Italy - Vespa - 125 - 1950
Power: 125 cc - 44 mph


11. Info: France - ACMA - 125 - 1951
Power: 125 cc - 43 mph


12. Info: Italy - Vespa - 125 U - 1953
Power: 125 cc - 41 mph


13. Info: Italy - Vespa - 150 GS Gran Sport - 1955
Power: 146 cc - 40 mph


14. Info: Italy - Vespa - 125 - 1956
Power: 124 cc - 44 mph


15. Info: Italy - Vespa - 150 - 1956
Power: 144 cc - 44 mph


16. Info: Italy - Vespa - 150 GS Gran Sport - 1956
Power: 144 cc - 44 mph


17. Info: Italy - Vespa - 125 - 1958
Power: 124 cc - 47 mph


18. Info: Italy - Vespa - 150 GS Gran Sport - 1959
Power: 147 cc - 60 mph



19. Info: Italy - Vespa - 125 - 1960
Power: 124 cc - 47 mph


20. Info: Italy - Vespa - 160 GS Gran Sport - 1962
Power: 159 cc - 60 mph



21. Info: Italy - Vespa - 150 GL Gran Lusso - 1963
Power: 146 cc - 56 mph


22. Info: Italy - Vespa - 90 - 1963
Power: 89 cc - 44 mph


23. Info: Italy - Vespa - 50 - 1964
Power: 49 cc - 25 mph


24. Info: Italy - Vespa - 90 Super Sprint - 1966
Power: 89 cc - 58 mph


25. Info: Italy - Vespa - 125 Primavera - 1968
Power: 121 cc - 53 mph



26. Info: Italy - Vespa - 180 Rally - 1968
Power: 180 cc - 60 mph



27. Info: Italy - Vespa - 50 Elestart - 1970
Power: 50 cc - 25 mph

28. Info: Italy - Vespa - 200 Rally - 1972
Power: 198 cc - 72 mph



29. Info: Italy - Vespa - 50 Special - 1973
Power: 50 cc - 30 mph




30. Info: Italy - Vespa - 125 Primavera ET3 - 1976
Power: 122 cc - 48 mph



31. Info: Italy - Vespa - P125X - 1978
Power: 124 cc - 59 mph


32. Info: Italy - Vespa - P200E - 1978
Power: 198 cc - 69 mph


 33. Info: Italy - Vespa - PX125 - 1981
Power: 122 cc - 56 mph



34. Info: Italy - Vespa - PX150E - 1982
Power: 150 cc - 59 mph




35. Info: Italy - Vespa - PX200 - 1982
Power: 196 cc - 60 mph


(click for bigger image)
Mick Fitzpatrick


36. Info: Italy - Vespa - PK 125 - 1983
Power: 122 cc - 54 mph



37. Info: Italy - Vespa - PK 125 Automatica - 1984
Power: 121 cc - 53 mph




38. Info: Italy - Vespa - T5 - 1985
Power: 124 cc - 65 mph



39. Info: Italy - Vespa - 50 Special Revival - 1991
Power: 50 cc - 25 mph



40. Info: Italy - Vespa - ET4 - 1996
Power: 50 cc - 28 mph



41. Info: Italy - Vespa - ET4 - 1997
Power: 125 cc - 60 mph



42. Info: Italy - Vespa - ET4 50 - 1999
Power: 50 cc - 28 mph



43. Info: Italy - Vespa - ET4 150 - 1999
Power: 150 cc - 60 mph



44. Info: Italy - Vespa - GTL 125 GranTurismo - 2003
Power: 125 cc - 64 mph




45. Info: Italy - Vespa - GTL 200 GranTurismo - 2003
Power: 198 cc - 74 mph



46. Info: Italy - Vespa - LX 150 - 2005
Power: 150 cc - 58 mph



47. Info: Italy - Vespa - GTSie 250 - 2005
Power: 250 cc - 76 mph




48. Info: Italy - Vespa - LXV 150 - 2006
Power: 150 cc - 59 mph



49. Info: Italy - Vespa - GT 60 - 2006
Power: 250 cc - 76 mph



50. Info: Italy - Vespa - GTV 250 - 2006
Power: 250 cc - 76 mph


howing results 1 to 50 of 50
ini adalah salah satu motor ke gilaan w,, ini adalah salah satu motor kesukaan w,, masih banyak yang w suka dengan barang antik lainya..